Friday 22 February 2013

5 Penemuan Arkeologi yang Masih Menjadi Misteri

penemuan arkeologiKita boleh berbangga dengan kemajuan teknologi dan sains abad ini. Teknologi seperti kapal terbang, astronot, nuklir, dan lain-lain yang hanya dongeng di masa lalu telah ditemukan dan bisa kita gunakan saat ini. Namun banyaknya penemuan arkeolog barang-barang aneh membuat para ilmuwan bertanya-tanya. Bagaimana mungkin orang di era lampau mampu melakukan hal yang hanya bisa dilakukan di abad 20? Berikut ini adalah 5 penemuan arkeologi yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

1. The Giant Stone Balls of Costa Rica

penemuan arkeologi

Batu bulat atau bola batu adalah sekumpulan batu berjumlah sekitar 300 buah yang terletak di Kosta Rika. Batu bulat ini merupakan hasil kerajinan budaya suku Isthmo-Kolombia yang berlangsung selama 1700 tahun. Yaitu sekitar tahun 200SM hingga 1500M dan terhenti sejak penjajahan bangsa Spanyol.

Namun sayangnya, tidak diketahui secara persis bagaimana suku tersebut bisa membuat batu yang sangat keras menjadi bentuk bola sempurna. Kebulatan batu-batu tersebut dinyatakan sempurna atau mendekati sempurna dengan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa batu-batu ini didatangkan dari Atlantis atau terbentuk secara alami. Ada pula yang mengatakan suku Isthmo-Kolombia mempunya obat yang untuk melunakkan batu. Apapun caranya, tidak ada yang bisa membuktikan bagaimana orang masa lalu bisa membuat benda-benda aneh ini.

2. The Antikythera Mechanism

penemuan arkeologi

Antikythera mechanism adalah sebuah alat mekanik kuno yang ditemukan di dekat bangkai kapal Yunani. Diperkirakan alat ini dibuat 200 tahun sebelum masehi.

Pertanyaan adalah untuk apa alat ini dibuat dan dibuat dengan cara apa. Hipotesis ilmuwan sementara ini alat ini dibuat untuk menghitung posisi astronomi, namun belum ada yang bisa membuktikannya. Yang jelas, Antikythera mechanism memiliki kerumitan mekanik yang hampir sama dengan komputer analog masa kini.

3. The Voynich Manuscript

penemuan arkeologi

The Voynich Manuscript adalah sebuah manuskrip kuno berisi tulisan dan gambar ilustrasi yang dibuat sekitar abad 15M. Sayangnya tidak ada yang tahu apa maksud dan arti dari tulisan dan gambar-gambar di manusktrip ini. Sudah banyak kriptografer yang mencoba memecahkan bahasa yang digunakan dalam Voynich Manuscript namun belum ada yang bisa mengetahui apa arti dari tulisan dan gambar-gambar aneh ini.

4. The Baigong Pipes

penemuan arkeologi

Di suatu area China yang tidak berpenghuni ditemukan lobang-lobang pipa berbentuk segitiga dipenuhi besi dan rongsokan di dekat sebuah gunung. Pipa-pipa ini ada yang menuju ke kedalaman gunung dan ada yang menuju ke danau asin. Masih banyak pipa lain dengan lebar yang bervariasi. Pipa-pipa ini seperti membentuk pola tertentu yang belum diketahui apa itu.

Yang membuat para ilmuwan terheran-heran adalah pipa-pipa ini dibuat di zaman batu. Yaitu zaman ketika api untuk memasak baru ditemukan dan orang masih berpakaian menggunakan kulit binatang. Banyak teori yang beredar mengenai asal-usul pipa-pipa ini, yang paling terkenal tentu saja teori ancient alien atau alien kuno yang membuat pipa-pipa ini.

5. The Baghdad Batteries

penemuan arkeologi

The Baghdad Batteries adalah peralatan kuno yang ditemukan di daerah Mesopotamia. Alat ini diperkirakan dibuat pada awal masehi. Diketahui bentuknya mirip dengan pot milik bangsa Mesir kuno.

Memang sekilas tidak ada yang aneh dengan pot ini. Namun seorang arkeolog yang mencoba melihat ke dalam isi pot menemukan bentuk yang aneh dari isi pot. Dan yang lebih mencenggangkan, di dalam pot ini terdapat cairan acid corrosion, yaitu cairan yang digunakan untuk batu baterai. Bagaimana mungkin manusia awal masehi sudah membuat alat seperti baterai untuk menyalakan lampu?

Sumber
apakabardunia
wikipedia

0 comments:

Post a Comment